PENGERTIAN BISNIS ONLINE

 BAB I

BISNIS ONLINE

 

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa dapat mendefinisikan, menjelaskan, mengklasifikasikan, dan mempresentasikan Bisnis Online.

 

MATERI

A. Pengertian Bisnis Online

Menurut   L.  R.  Dicksee,  definisi  bisnis  adalah suatu   bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang  berkepentingan dalam  terjadinya aktivitas tersebut, sedangkan  pengertian bisnis online menurut Dedik Kurniawan adalah sebuah kegiatan yang menggunakan fasilitas jaringan internet untuk  melakukan segala kegiatan yang  dapat dilakukan secar online   seperti  halnya  bisnis,  mencari berita,   dan  lain   sebagainya. Dari sini  dapat   disimpulkan juga   bahwa   bisnis online   adalah segala kegiatan yang memanfaatkan penggunaaan internet sebagai media  untuk  menjalankan kegiatan bisnisnya. Aktifitas bisnis  online tersebut meliputi  kegiatan transaksi jual   beli online,  penyediaan jasa secara  online,  dan berbagai jenis bisnis online  lainnya.

Penggunaan perangkat digital dan internet dalam  kehidupan sehari-hari telah menciptakan trend baru di masyarakat. Karena  itulah,  era ini disebut pula  dengan era digital, di mana  perangkat digital telah  merambah ke setiap aspek kehidupan masyarakat.   Kecepatan,   kepraktisan,   dan   kemudahan yang    ditawarkan  oleh perangkat digital dan  jaringan internet telah  membuat sebagian besar aktifitas kita  seperti: komunikasi, hiburan, pembelajaran, dan tentu  saja  bidang bisnis pun mulai banyak dipengaruhi dan  bergantung kepada keberadaan perangkat digital dan internet yang  berada di genggaman kita.

Di bidang bisnis, transaksi jual beli barang dan jasa secara online sudah menjadi gaya  hidup di masyarakat, terutama di kalangan menengah ke atas  dan  generasi milenial. Frekuensi transaksi bisnis  online  melalui blog,  web,  marketplace,  dan sosial media meningkat secara  signifikan. Masyarakat mulai menikmati kemudahan berbelanja di rumah. Hanya  dengan memiliki telepon genggam dan akses  internet, kita dapat berbelanja kebutuhan apapun di mana saja dan kapan  saja. Keberadaan layanan transaksi pembayaran secara online pun semakin membuat transaksi bisnis online menjadi mudah  dan cepat.  Hal ini tentu  saja  membuka peluang yang  besar bagi  siapa  saja  untuk ikut  menjadi praktisi bisnis online  dan  meraup  keuntungan yang  besar  di bisnis ini.

B. Internet Marketing

Para pelaku bisnis online  kini  mulai  mengandalkan internet marketing. Istilah internet marketing ini berasal dari  Bahasa  Inggris yang  berarti pemasaran yang dilakukan  melalui  internet. Definisi mengenai apa  itu  internet  marketing  atau periklanan daring (online  advertising)  menurut Wikipedia adalah sebuah bentuk dari  pemasaran dan  periklanan melalui  atau  menggunakan  media   online   atau internet untuk  mengirimkan pesan-pesan promosi suatu  produk atau jasa kepada konsumen. Istilah internet marketing ini  juga  dikenal sebagai e-marketing, digital marketing, online  marketing, dan beberapa nama lainnya.

1.  Berikut ini adalah contoh-contoh internet marketing yang biasa kita jumpai:

a.   Permasaran Melalui Situs  Web

Web   banyak  menjadi  andalan  pebisnis   untuk    membantu  memajukan bisnisnya.  Tentu  aktivitas  pemasaran melalui  situs   web   ini   juga   masuk kategori internet  marketing.  Keberadaan website  dengan  yang   didukung oleh  optimasi SEO  telah  terbukti dapat  diandalkan untuk mempromosikan produk  sehingga  jumlah  konsumen  dan   transaksi  bisnis  pada   website tersebut meningkat.

b.  Pemasaran di Media Sosial

Hampir semua  orang memiliki akun media  sosial untuk menjalin komunikasi dengan teman, keluarga, rekan  sejawat, atau pun  rekan  bisnisnya. Platform media  sosial seperti Facebook, Instagram, dan  Twitter telah  dimanfaatkan juga   oleh   individu  maupun perusahaan untuk  dijadikan  sebagai  media promosi atau  media  pemasaran produk dan  layanan jasanya. Media sosial sangat potensial dan efektif untuk  meningkatkan skala  bisnis karena  dapat menjangkau pangsa pasar  atau  calon   konsumen yang   lebih luas  dengan biaya  yang  lebih rendah,  bahkan gratis.

c.   Pemasaran Melalui Marketplace

Marketplace adalah perantara antara  penjual dan  pembeli di  dunia  maya. Situs   marketplace bertindak sebagai  pihak   ketiga dalam   transaksi online dengan  menyediakan  tempat   berjualan dan   fasilitas  pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah deparment store  online. Marketplace adalah salah  satu  platform yang  paling banyak digunakan untuk  berjualan online di  Indonesia.  Contoh  marketplace  adalah  Tokopedia,  Shopee,  Bukalapak, dan   lain-lain,  bahkan  media   sosial  seperti  Facebook  pun   menyediakan kategorimarketplace.

Gambar  1.2 Marketplace

2.  Manfaat Internet Marketing

Bagi  pebisnis online,  manfaat dari internet marketing di antaranya

a.   Fleksibilitas waktu  dan tempat.

Aktifitas internet marketing sangat fleksibel  karena  bisa  dilakukan kapan saja dan di mana saja. Pebisnis online dapat memasarkan produk dan jasanya kapan saja di mana pun dia berada  dengan jangkauan yang  luas dan jaringan yang  tidak  terbatas.

b.  Efesiensi biaya  promosi

Munculnya platform  gratis  tentu   saja   dapat   memangkas  biaya   promosi. Iklan  berbayar yang  ditawarkan di setiap platform pun  dinilai lebih murah dan  efektif untuk   mempromosikan  produk  dan  jasa  dibandingkan  harus berpromosi secara  offline  dengan mencetak dan menyebarkan aneka  media promosi.

c.   Meminimalisir resiko

Dalam   bisnis online konsumen  terlebih  dahulu  melakukan  pembayaran barang dan jasa yang  dipesannya. Jadi, cukup  dengan memposting foto atau video produk,  pebisnis sudah  dapat melakukan transaksi jual beli.




Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts