BAB I
BISNIS ONLINE
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa dapat mendefinisikan, menjelaskan, mengklasifikasikan, dan mempresentasikan Bisnis Online.
MATERI
A. Pengertian Bisnis Online
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut, sedangkan pengertian bisnis online menurut Dedik Kurniawan adalah sebuah kegiatan yang menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan segala kegiatan yang dapat dilakukan secara online seperti halnya bisnis, mencari berita, dan lain sebagainya. Dari sini dapat disimpulkan juga bahwa bisnis online adalah segala kegiatan yang memanfaatkan penggunaaan internet sebagai media untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Aktifitas bisnis online tersebut meliputi kegiatan transaksi jual beli online, penyediaan jasa secara online, dan berbagai jenis bisnis online lainnya.
Penggunaan perangkat digital dan internet dalam kehidupan sehari-hari telah menciptakan trend baru di masyarakat. Karena itulah, era ini disebut pula dengan era digital, di mana perangkat digital telah merambah ke setiap aspek kehidupan masyarakat. Kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat digital dan jaringan internet telah membuat sebagian besar aktifitas kita seperti: komunikasi, hiburan, pembelajaran, dan tentu saja bidang bisnis pun mulai banyak dipengaruhi dan bergantung kepada keberadaan perangkat digital dan internet yang berada di genggaman kita.
Di bidang bisnis, transaksi jual beli barang dan jasa secara online sudah menjadi gaya hidup di masyarakat, terutama di kalangan menengah ke atas dan generasi milenial. Frekuensi transaksi bisnis online melalui blog, web, marketplace, dan sosial media meningkat secara signifikan. Masyarakat mulai menikmati kemudahan berbelanja di rumah. Hanya dengan memiliki telepon genggam dan akses internet, kita dapat berbelanja kebutuhan apapun di mana saja dan kapan saja. Keberadaan layanan transaksi pembayaran secara online pun semakin membuat transaksi bisnis online menjadi mudah dan cepat. Hal ini tentu saja membuka peluang yang besar bagi siapa saja untuk ikut menjadi praktisi bisnis online dan meraup keuntungan yang besar di bisnis ini.
B. Internet Marketing
Para pelaku bisnis online kini mulai mengandalkan internet marketing. Istilah internet marketing ini berasal dari Bahasa Inggris yang berarti pemasaran yang dilakukan melalui internet. Definisi mengenai apa itu internet marketing atau periklanan daring (online advertising) menurut Wikipedia adalah sebuah bentuk dari pemasaran dan periklanan melalui atau menggunakan media online atau internet untuk mengirimkan pesan-pesan promosi suatu produk atau jasa kepada konsumen. Istilah internet marketing ini juga dikenal sebagai e-marketing, digital marketing, online marketing, dan beberapa nama lainnya.
1. Berikut ini adalah contoh-contoh internet marketing yang biasa kita jumpai:
a. Permasaran Melalui Situs Web
Web banyak menjadi andalan pebisnis untuk membantu memajukan bisnisnya. Tentu aktivitas pemasaran melalui situs web ini juga masuk kategori internet marketing. Keberadaan website dengan yang didukung oleh optimasi SEO telah terbukti dapat diandalkan untuk mempromosikan produk sehingga jumlah konsumen dan transaksi bisnis pada website tersebut meningkat.
b. Pemasaran di Media Sosial
Hampir semua orang memiliki akun media sosial untuk menjalin komunikasi dengan teman, keluarga, rekan sejawat, atau pun rekan bisnisnya. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter telah dimanfaatkan juga oleh individu maupun perusahaan untuk dijadikan sebagai media promosi atau media pemasaran produk dan layanan jasanya. Media sosial sangat potensial dan efektif untuk meningkatkan skala bisnis karena dapat menjangkau pangsa pasar atau calon konsumen yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah, bahkan gratis.
No comments:
Post a Comment